Penerapan Auto Gate System di Pelabuhan Tegal
Armand
Rabu, 31 Juli 2024 07:50 WIB

Tegal, eNews - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tegal telah melaksanakan penerapan auto gate system sebagai komitmen mewujudkan pelabuhan yang bersih serta lebih modern di era digitalisasi, Selasa (30/7/24).
Auto gate system ini merupakan program standarisasi dari HO (head office) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang diterapkan secara bersamaan (go live) di 29 Cabang Pelabuhan dan diharapkan semua cabang Pelabuhan dapat mengimplementasikan program tersebut.
"Dengan penerapan auto gate system ini diharapkan dapat membatasi dan meminimalisir praktek pungli di pelabuhan dan pihak yang tidak berkepentingan di dalam Pelabuhan serta merubah pola pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara tunai (cash) berubah menjadi non-tunai (cashless)", kata Tri Sugiyatno General Manager Pelindo Cabang Tegal.
Dengan dimulainya sistem ini tentunya terdapat kendala-kendala di lapangan akan tetapi hal ini terus dilakukan evaluasi serta perbaikan-perbaikan untuk menjadi lebih baik dan diharapkan dengan diterapkannya auto gate system ini menjadi suatu hal yang familier seiring dengan kemajuan era digitalisasi di lingkungan Kota Tegal.
Kepala KSOP Kelas IV Tegal, Sumartono SH mendukung setiap kemajuan teknologi ataupun digitalisasi yang diterapkan di Pelabuhan Tegal seperti adanya implementasi auto gate system.
“Semoga dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan yang akuntabel, transparan, dan bebas pungli”, ujarnya.
“Namun tetap perlu diperhatikan apabila ada para pengguna jasa yang keluar masuk di pelabuhan yang tidak mempunyai e-money/ e-toll mohon dibantu untuk sistem pembayarannya dengan sistem tunai dan untuk teknis di lapangan masih perlu dibantu tap oleh petugas pada alat yang terpasang pada autogate”, tambahnya.
Pelabuhan Tegal merupakan alternative home base bagi kapal nelayan yang melakukan pengisian logistik, BBM (Bahan Bakar Minyak) dan Bongkar Ikan yang selanjutnya akan di lelang ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) milik Pemkot (Pemeritah Kota) Tegal sehingga dengan adanya program ini dapat disosialisaikan lebih lanjut dan memberikan edukasi kepada masyarakat dan pengurus kapal di lingkungan Pelabuhan Tegal.
Sehingga dengan adanya sistem auto gate ini dapat terus disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat serta pengguna jasa.
Baca Lainnya
Wujudkan Jalur KA Aman, KAI Daop 8 Selenggarakan Bersih Lintas Antara Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Kandangan
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Hari
Libur Panjang Peringati Jumat Agung dan Hari Paskah, 123 Ribu Lebih Pelanggan Gunakan KAI
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 7 Hari
Sambut Libur Panjang Jumat Agung dan Paskah, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan KA Tambahan
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 9 Hari
KAI Commuter Sukses Layani Lebih dari 22 Juta Pengguna pada Masa Angkutan Lebaran 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 11 Hari
KAI Daop 8 Surabaya Layani 968.214 Pelanggan Selama 22 Hari Masa Angkutan Lebaran
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 12 Hari
Hari Pertama Kerja, Penumpang Pengguna KA Di Daop 8 Masih Tinggi
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 17 Hari
51.671 Penumpang Turun Di Daop 8 Surabaya di Hari Terakhir Libur Lebaran
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 18 Hari
Terahir Libur Lebaran, 51.472 Penumpang Gunakan KA Di Daop 8
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 19 Hari
Kebijakan Work From Anywhere Lancarkan Arus Balik Lebaran 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 20 Hari
H+3 Lebaran 2025, Commuter Line Surabaya Layani 49 Ribu Lebih Pengguna
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 20 Hari