Penerapan Auto Gate System di Pelabuhan Tegal
Armand
Rabu, 31 Juli 2024 07:50 WIB
Tegal, eNews - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tegal telah melaksanakan penerapan auto gate system sebagai komitmen mewujudkan pelabuhan yang bersih serta lebih modern di era digitalisasi, Selasa (30/7/24).
Auto gate system ini merupakan program standarisasi dari HO (head office) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang diterapkan secara bersamaan (go live) di 29 Cabang Pelabuhan dan diharapkan semua cabang Pelabuhan dapat mengimplementasikan program tersebut.
"Dengan penerapan auto gate system ini diharapkan dapat membatasi dan meminimalisir praktek pungli di pelabuhan dan pihak yang tidak berkepentingan di dalam Pelabuhan serta merubah pola pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara tunai (cash) berubah menjadi non-tunai (cashless)", kata Tri Sugiyatno General Manager Pelindo Cabang Tegal.
Dengan dimulainya sistem ini tentunya terdapat kendala-kendala di lapangan akan tetapi hal ini terus dilakukan evaluasi serta perbaikan-perbaikan untuk menjadi lebih baik dan diharapkan dengan diterapkannya auto gate system ini menjadi suatu hal yang familier seiring dengan kemajuan era digitalisasi di lingkungan Kota Tegal.
Kepala KSOP Kelas IV Tegal, Sumartono SH mendukung setiap kemajuan teknologi ataupun digitalisasi yang diterapkan di Pelabuhan Tegal seperti adanya implementasi auto gate system.
“Semoga dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan yang akuntabel, transparan, dan bebas pungli”, ujarnya.
“Namun tetap perlu diperhatikan apabila ada para pengguna jasa yang keluar masuk di pelabuhan yang tidak mempunyai e-money/ e-toll mohon dibantu untuk sistem pembayarannya dengan sistem tunai dan untuk teknis di lapangan masih perlu dibantu tap oleh petugas pada alat yang terpasang pada autogate”, tambahnya.
Pelabuhan Tegal merupakan alternative home base bagi kapal nelayan yang melakukan pengisian logistik, BBM (Bahan Bakar Minyak) dan Bongkar Ikan yang selanjutnya akan di lelang ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) milik Pemkot (Pemeritah Kota) Tegal sehingga dengan adanya program ini dapat disosialisaikan lebih lanjut dan memberikan edukasi kepada masyarakat dan pengurus kapal di lingkungan Pelabuhan Tegal.
Sehingga dengan adanya sistem auto gate ini dapat terus disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat serta pengguna jasa.
Baca Lainnya
Dukung Sarana Transportasi, 70 Bus Pariwisata Diberangkatkan ke IKN
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 3 Bulan
KCIC Imbau Penumpang Tidak Merusak Fasilitas Kereta Cepat Whoosh
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 3 Bulan
Betonisasi Segmen 7-8 Dupak Rukun Capai 22 persen, Pemkot Surabaya Targetkan Selesai Agustus 2024
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Bulan
Terus Meningkat, Whoosh Catatkan Hampir 4 Juta Penumpang selama 8 Bulan Operasi
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Bulan
KAI Ubah Pola Operasional Perjalanan Kereta Api
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Bulan
Pengguna KA di Daop 8 Surabaya Selama Libur Iduladha 1445 H Meningkat 35 Persen
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Bulan
KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Layani 119 Ribu Pengguna Libur Iduladha 1445 H
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Bulan
Mulai Hari Ini, Naik LRT Jabodebek Berlaku Tarif Normal
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Bulan
Presiden Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Padang Seksi XIII Koto Kampar dan Pelaksanaan IJD di Riau
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Bulan