Dukung Efisiensi Operasional dan Distribusi Logistik, TPS akan Terapkan Terminal Booking System
Armand
Jumat, 4 Juli 2025 22:35 WIB

Surabaya, eNews – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak perusahaan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), menggelar sosialisasi uji coba Terminal Booking System (TBS) kepada pengguna jasa dan sejumlah asosiasi pengguna jasa, yang merupakan mitra strategis sekaligus representasi dari pelanggan TPS.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan
partisipasi aktif stakeholder dalam implementasi sistem baru yang mendukung kelancaran arus
logistik nasional.
Sosialisasi yang berlangsung di Java Meeting Room TPS, Kamis (3/7), dihadiri oleh perwakilan dari
ALFI, GPEI, GINSI, ORGANDA, APTRINDO, dan LOGINDO. Kehadiran asosiasi tersebut
mencerminkan keterlibatan langsung pelanggan dalam proses transformasi layanan terminal.
Terminal Booking System (TBS) merupakan sistem penjadwalan kedatangan truk melalui
pembagian time slot, yang memungkinkan pengaturan arus kendaraan ke terminal secara lebih merata dan terkendali.
Sistem ini dirancang untuk mengurangi antrean truk pada jam-jam operasional tertentu, mempercepat waktu pelayanan, dan pada akhirnya meningkatkan efisiensi biaya logistik secara keseluruhan.
Dengan implementasi TBS ini, diharapkan dapat menurunkan waktu tunggu layanan bongkar muat truk di lapangan penumpukan dari awal gate in hingga gate out, yang dikenal sebagai TRT (Truck
Round Time). Pengurangan TRT secara signifikan akan memberikan dampak positif terhadap kelancaran operasional serta efektivitas pengelolaan armada oleh para pelaku usaha logistik.
Penerapan TBS menjadi bagian dari komitmen TPS dalam menghadirkan terminal modern yang andal dan berorientasi pada pelayanan pelanggan.
Dalam hal ini Kesyahbandaran dan Otoritas
Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak menyampaikan dukungan penuh atas implementasi
sistem tersebut.
Kepala Bidang Lalu Lintas, Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Utama Tanjung Perak,
Nanang Afandi, SE., MM., menyampaikan apresiasi atas kesigapan TPS dalam merespons
kebutuhan akan sistem pengaturan kendaraan yang lebih efisien.
“Sambutan TPS terhadap penerapan TBS sangat positif. Kami juga mengimbau para pelaku usaha logistik untuk dapat menyesuaikan jam operasionalnya dengan layanan terminal 24/7, guna mendukung efisiensi logistik dan distribusi rantai pasok nasional,” tegasnya.
Direktur Operasi TPS, Noor Budiwan, menambahkan bahwa TBS akan membantu menciptakan ritme layanan yang lebih terencana dan terukur.
“Penerapan TBS menjadi bagian penting dari konsep terminal modern. Dengan sistem ini, pola
kedatangan truk bisa lebih merata dan tidak terpusat di waktu-waktu padat seperti pukul 16.00–
24.00. Ini tentu akan berdampak langsung pada kecepatan layanan serta kenyamanan pengguna
jasa,” jelasnya.
Uji coba penerapan TBS akan dimulai pada Senin, 7 Juli 2025 pukul 09.00 WIB, dengan pengaturan time slot yang disesuaikan dari semula 8 jam menjadi 4 jam.
Uji coba ini menjadi langkah familiarisasi bersama seluruh stakeholder, termasuk penyesuaian perilaku operasional pelaku logistik dan penyediaan kanal komunikasi seperti helpdesk jika terdapat kendala selama implementasi.
Ketua DPW ALFI Jawa Timur, Sebastian Wibisono, menyampaikan dukungannya terhadap inisiatif
TPS.
“TBS adalah sistem yang patut kita dukung bersama, karena tujuannya jelas: meningkatkan efisiensi dan kecepatan layanan logistik.”
Hal senada juga disampaikan Ketua DPC APTRINDO Surabaya, Wayan Sumadita, dan Ketua Klub
LOGINDO Jatim, Christin Adni Susilowati.
“TBS merupakan langkah maju yang memberikan banyak manfaat bagi kami sebagai pelaku usaha
angkutan barang,” ujar Wayan. Christin menambahkan, “Kami menyambut baik sistem ini karena diyakini dapat mengurangi antrean, mempercepat proses di terminal, dan pada akhirnya mendukung efisiensi operasional pelabuhan.”
Sebagai bentuk komitmen layanan, apabila selama masa uji coba ditemukan kendala teknis maupun operasional, pelanggan dapat menghubungi Tim Customer Service TPS yang siaga 24/7 melalui:
Telepon: (031) 320 2020
Email: cs@tps.co.id
Sebagai pengelola terminal peti kemas internasional dan domestik, TPS terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan. Sepanjang 2024, arus peti kemas TPS mencapai 1.584.774 TEUs, dan hingga semester I tahun 2025 tercatat 768.518 TEUs.
TPS juga mempertahankan dominasinya
di pasar internasional dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 83% di Pelabuhan Tanjung Perak.
Baca Lainnya
Pelindo Terminal Petikemas Serahkan Pengelolaan TPK Berlian ke Terminal Teluk Lamong
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
TPS Gelar Webinar IT Guna Mitigasi Cyber Attack
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 7 Hari
Pelindo Terminal Petikemas Salurkan Ratusan Paket Sembako untuk Anak Yatim
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 7 Hari
KAI dan Kejati Jatim Gelar FGD Bersama Stakeholders Jawa Timur
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 11 Hari
Jembatani Kebutuhan Industri dan Kedaulatan Energi Nasional, Pertagas Gelar Dialog
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 12 Hari
Cetak SDM Unggul Melalui Pelatihan Container Terminal Operation, TTL Siap Bersaing Secara Global
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 14 Hari
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT BJTI Tanam 100 Pohon di Terminal
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 15 Hari
TPS Raih Penghargaan Indonesia DEI dan ESG Awards 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 16 Hari
Pertahankan Peringkat “Sangat Sehat AAA”, Bukti PGN Konsisten Jaga Operasional Stabil dan Cost Optimization
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 16 Hari