Telkom Tarik Minat Belajar Siswa dengan Chatbot AI di Aplikasi Pijar Belajar
yupan
Kamis, 22 Agustus 2024 12:57 WIB

Jakarta, eNews - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom berupaya menarik minat belajar siswa melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), berupa chatbot AI Tanya Pijar di platform atau aplikasi pendidikan Pijar Belajar.
“Kehadiran Pijar Belajar sebagai produk unggulan dari Leap Telkom Digital, menjadi bukti nyata Telkom Indonesia dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui platform digital cerdas yang berkelanjutan serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu (21/8/24).
Menurut Komang, pemanfaatan chatbot AI lewat Tanya Pijar dilakukan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini untuk mendukung pembelajaran yang lebih personal bagi siswa.
Penggunaan chatbot AI di Tanya Pijar diharapkan turut mendorong efektivitas dan efisiensi pembelajaran kena dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif serta membantu siswa mengembangkan keterampilan belajar mandiri, seperti pengaturan waktu, manajemen tugas, dan pemecahan masalah.
“Melalui Tanya Pijar, siswa bisa mendapatkan solusi dari tantangan yang dihadapi dalam proses belajar,” katanya.
Selain itu, lanjut Komang, siswa bisa mendapat penjelasan materi pembelajaran secara komprehensif karena telah dirangkum dengan cepat oleh AI.
Penggunaan AI juga mengoptimalkan Tanya Pijar sehingga mampu menjawab soal dari hampir semua mata pelajaran yang ditanyakan oleh siswa.
“Tanya Pijar yang telah dilengkapi AI merupakan bentuk komitmen Pijar Belajar dalam meningkatkan layanannya dengan cara mengembangkan dan mengadopsi teknologi terkini,” tutur EVP Digital Business and Technology Telkom.
Komang menjelaskan, untuk mengakses Tanya Pijar, pengguna bisa mengunduh aplikasi Pijar Belajar di smartphone atau bisa juga diakses melalui situs https://www.pijarbelajar.id/.
Selanjutnya, pengguna bisa melakukan login dengan akun masing-masing.
“Siswa maupun guru bisa menikmati kemudahan mendapatkan berbagai informasi di Tanya Pijar hanya dengan memasukan kata kunci soal dan materi yang diinginkan,” imbuhnya.
Dia menegaskan, teknologi AI yang diimplementasikan di Tanya Pijar berbeda dengan chatbot serupa lainnya karena dibangun khusus untuk mendukung proses pembelajaran dari kelas satu hingga kelas 12.
“Hingga saat ini, sudah lebih dari 1,6 juta siswa di Indonesia yang telah merasakan kemudahan menggunakan aplikasi belajar online Pijar Belajar. Selain Pijar Belajar, Leap-Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital Telkom lainnya,” kata Komang Budi Aryasa menandaskan.
Baca Lainnya
KAI Commuter Ingatkan Disiplin di Perlintasan Sebidang
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Bulan
Pantai Sigandu Jadi Pilihan Wisatawan Habiskan Libur Lebaran 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Bulan
19 Peserta Ikuti Pelatihan Pelatih, Wasit, dan Juri Wushu Tingkat Daerah 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Bulan
Gelar Open House Idulfitri, Kepala DKP Gorontalo Ingatkan Pentingnya Kekompakan
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Bulan
Tahlil, Doa Bersama dan Pengajian Umum Warga Kelurahan Kendangsari Surabaya
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Bulan
Pemkab Hulu Sungai Utara Berencana Bangun Jalan Alternatif Desa Manarap dan Siring di Desa Hulu Pasar
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Bulan
Isi Ramadhan dengan Audiensi, BEM FAI Umsida Perkuat Silaturahmi Bersama KPU & Bawaslu Sidoarjo
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Bulan
Pemprov Kalsel Tandatangani Perjanjian Kerjasama Akselerasi Pembayaran KUR dan UMi
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 8 Bulan
Dukung Kemandirian Pesantren, Pemprov Riau Beri Bantuan 3.000 Bibit Ikan Patin
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 9 Bulan