Hari Terakhir Libur Sekolah, 40.795 Pelanggan Gunakan Kereta Api Wilayah KAI Daop 8 Surabaya
Armand
Minggu, 13 Juli 2025 17:10 WIB
Surabaya, eNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api selama periode libur sekolah bulan Juli 2025.
Pada Minggu, 13 Juli 2025 pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 40.795 pelanggan menggunakan moda transportasi kereta api. Jumlah ini terdiri dari 19.697 penumpang berangkat dan 21.098 penumpang datang di berbagai stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Data ini akan terus bertambah seiring penjualan tiket yang masih berlangsung sampai dengan malah hari ini.
Selama periode libur sekolah yang berlangsung pada periode tanggal 1 hingga 13 Juli 2025, sebanyak 561.395 pelanggan telah mempercayakan perjalanannya menggunakan moda transportasi kereta api. Jumlah ini terdiri dari 279.627 penumpang berangkat dan 281.768 penumpang datang di berbagai stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa libur sekolah pada bulan Juli 2025 ini.
Tingginya minat masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya dan nyaman menggunakan transportasi kereta api sebagai pilihan utama perjalanan liburan.
Tiga stasiun besar di wilayah Daop 8 Surabaya, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang, menjadi pusat mobilitas ribuan masyarakat selama liburan.
Lonjakan penumpang terjadi merata, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan. Berikut data volume penumpang selama periode tersebut:
1. Stasiun Surabaya Gubeng melayani total 83.329 penumpang naik dan 84.374 penumpang turun.
2. Stasiun Surabaya Pasarturi mencatat 78.911 penumpang naik dan 77.292 penumpang turun.
3. Stasiun Malang melayani 51.070 penumpang naik dan 51.156 penumpang turun.
Puncak arus balik terjadi pada 7 Juli 2025, dengan peningkatan signifikan jumlah penumpang yang datang sebanyak 25.187 penumpang datang di berbagai stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.
“Sebagian besar pelanggan memilih destinasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Ketapang. Sementara itu, kereta api jarak jauh yang menjadi primadona masyarakat antara lain KA Airlangga, KA Pasundan, KA Probowangi, dan KA Malabar,” ujar Luqman Arif.
Lebih lanjut, Luqman mengimbau agar kedepan masyarakat dapat merencanakan perjalanan dengan baik serta memanfaatkan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya guna memastikan kemudahan serta keamanan transaksi.
Dengan menggunakan aplikasi Access by KAI pemesanan tiket kereta api kini semakin fleksibel dan dapat dilakukan lebih dekat dengan waktu keberangkatan, bahkan hanya beberapa menit sebelum kereta berangkat.
Pelanggan kini dapat memesan tiket KA antarkota hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, dan untuk KA lokal hingga 10 menit sebelumnya, melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi https://booking.kai.id.
“Melalui penyesuaian ini, KAI memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada pelanggan dalam merencanakan perjalanan. Semakin dekat dengan waktu keberangkatan, semakin mudah pula akses ke layanan KAI,” ujar Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya.
“Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam menghadirkan layanan terbaik di era mobilitas serba dinamis," imbuhnya.
KAI Daop 8 Surabaya terus berkomitmen memberikan layanan terbaik selama periode angkutan libur sekolah, dengan memastikan kesiapan sarana, pelayanan di stasiun, serta kemudahan akses informasi dan transaksi tiket melalui aplikasi Access by KAI.
Baca Lainnya
Wujudkan Transportasi Hijau, KAI Resmi Gabung United Nations Global Compact
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 7 Jam
Diskon Tiket Nataru KAI Daop 8 Surabaya Laris Manis, Lebih dari 53 Ribu Tiket Ludes Terjual
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 14 Jam
Prioritaskan Keselamatan Nataru, KAI dan KNKT Tinjau Langsung Jalur Utara-Selatan Jawa
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 3 Hari
Penjualan Tiket KA Nataru Meningkat, Stasiun Surabaya Pasarturi Jadi Stasiun Keberangkatan Terfavorit
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Hari
KAI Tinjau Langsung Jalur Medan–Binjai, Pastikan Kesiapan Operasional Nataru 2025/2026
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Hari
Angkut Hasil Bumi Lokal, KAI Hadirkan Kereta Petani dan Pedagang untuk Perkuat Ekonomi Banten
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
KAI Siap Sambut Angkutan Nataru 2025/2026: Utamakan Keselamatan, Keandalan, dan Pelayanan Prima
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
KAI Perkuat Layanan Lost and Found, Begini Prosedur Melaporkan Barang Tertinggal di Stasiun dan Kereta
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 6 Hari
Hadapi Masa Angkutan Nataru 2025/2026, KAI Daop 8 Surabaya Gelar Inspeksi Lintas Surabaya Pasar Turi - Indro
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 8 Hari
Persiapan Nataru 2025/2026, KAI Daop 8 Surabaya Gelar Tes Kebugaran Serentak untuk Ribuan Pekerja
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 11 Hari
