Layanan KAI Daop 8 Surabaya Kembali Normal, Jalur Sudah Dapat Dilalui
Armand
Kamis, 20 November 2025 09:08 WIB
Surabaya, eNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyampaikan bahwa seluruh perjalanan Kereta Api (KA) di wilayah Daop 8 kini telah kembali normal. Setelah sebelumnya terdampak gangguan akibat anjlokan KA Barang Aksa Cargo (KA 2519) di petak jalan Mesigit–Surabaya Pasarturi pada Kamis (19/11) pagi, jalur tersebut saat ini sudah dapat dilalui kembali oleh berbagai perjalanan KA.
“Mulai siang ini pukul 14.35, seluruh perjalanan KA yang melintas di jalur Mesigit–Surabaya Pasarturi telah beroperasi normal kembali. Pembatasan kecepatan sementara tetap diberlakukan sebagai langkah antisipasi sambil proses penyempurnaan prasarana terus dilakukan di titik yang sebelumnya terdampak,” ujar Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya.
Pemulihan perasional sudah mulai dilakukan setelah tim KAI menyelesaikan proses evakuasi rangkaian KA Barang Aksa Cargo, melakukan pemeriksaan kondisi rel, perbaikan sambungan rel, pengujian lintas, serta memastikan seluruh aspek keselamatan terpenuhi. Melalui tahapan tersebut, jalur akhirnya dinyatakan aman dan siap dilintasi kembali oleh kereta api.
Dengan normalnya operasional lintas tersebut, seluruh KA penumpang dari dan menuju Stasiun Surabaya Pasarturi kini kembali berjalan sesuai jadwal, termasuk layanan KA jarak jauh maupun Commuter Line.
Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan yang terdampak keterlambatan tinggi, KAI Daop 8 Surabaya memberikan fasilitas pengembalian bea tiket (refund) sebesar 100% sesuai ketentuan yang berlaku. Proses refund dapat dilakukan melalui loket stasiun online terdekat ataupun melalui Contact Center 121, maksimal hingga 7 hari kalender setelah jadwal keberangkatan. Selain itu, KAI juga memberikan layanan service recovery bagi pelanggan yang memilih tetap melanjutkan perjalanan pada saat gangguan terjadi.
“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kesabaran dan pengertian selama proses penormalan berlangsung. KAI akan terus mengutamakan keselamatan serta meningkatkan kualitas layanan agar perjalanan pelanggan tetap aman, nyaman, dan tepat waktu,” tutup Luqman.
Baca Lainnya
Peringati HAKORDIA 2025, KAI Gelar Seminar Antikorupsi “Satukan Aksi, Basmi Korupsi”
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 15 Jam
Peringati HAKORDIA 2025: KAI Tegaskan Integritas dan Tata Kelola Bersih Jadi Fondasi Utama Perusahaan
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Hari
Imbas Anjlokan KA Barang di Pasar Turi, 4 KA Penumpang Alami Keterlambatan Tinggi, KAI Beri Kompensasi 100 Persen
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Hari
KA Barang Aksa Cargo Anjlok Dekat Stasiun Pasar Turi, KAI Daop 8 Mohon Maaf dan Lakukan Evakuasi Cepat
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 1 Hari
Angka Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Daop 8 Turun 19,2%, KAI Terus Perkuat Sosialisasi dan Kolaborasi
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Hari
Amankan Barang Hingga Miliaran Rupiah, KAI Daop 8 Imbau Pelanggan Manfaatkan Layanan Lost and Found
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Hari
Purna Tugas KRL JALITA: Akhir Era Legendaris dan Simbol Transformasi Transportasi Jabodetabek
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 2 Hari
KAI Perluas Layanan Sosial, Ribuan Warga Jawa-Sumatra Nikmati Rail Clinic dan Rail Library
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 3 Hari
Mobilitas Nasional Terus Menguat, Pelanggan KAI Group Tembus 413 Juta Orang dan Tumbuh 8,15 Persen di Oktober 2025
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
