Tegaskan Komitmen Jaga Keamanan dan Perlindungan Pelanggan
Armand
Selasa, 15 Juli 2025 14:23 WIB
KAI Commuter: Tiket Commuter Line Lokal Harus Sesuai Dengan Identitas Diri Penumpang
Surabaya, eNews - KAI Commuter memastikan komitmen dalam menjaga keamanan, termasuk di Commuter Line Lokal. Maka itu, pengelola moda transportasi tersebut menegaskan bahwa data identitas yang tertera pada tiket kereta lokal ini harus sesuai dengan identitas diri resmi yang berlaku, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM, atau paspor.
Langkah ini merupakan bagian dari upaya KAI Commuter dalam meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta akurasi data penumpang selama perjalanan menggunakan transportasi Commuter Line.
"Aturan ini telah diberlakukan sejak lama, namun kami terus mengimbau masyarakat agar lebih teliti saat mengisi data identitas ketika memesan tiket Commuter Line. Ketidaksesuaian identitas dapat berakibat penumpang tidak diperbolehkan naik kereta," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, Selasa (15/7/2025).
Dalam proses boarding di stasiun keberangkatan Commuter Line, petugas akan mencocokkan identitas pada tiket dengan kartu identitas asli penumpang. Selain itu, petugas boarding juga akan melakukan pemeriksaan kesesuaian jadwal perjalanan dan jam keberangkatan. Maka itu, penumpang diminta memastikan identitas pada tiket sudah sesuai.
KAI Commuter juga mengingatkan masyarakat untuk selalu membeli tiket Commuter Line lokal melalui aplikasi Access by KAI. Kini, pemesanan tiket Commuter Line semakin fleksibel dan dapat dilakukan lebih dekat dengan waktu keberangkatan. Pemesanan tiket Commuter Line lokal dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan hingga 10 menit sebelum jadwal keberangkatan.
Joni menambahkan bahwa kesalahan dalam penulisan nama, penggunaan nama orang lain, atau penggunaan identitas palsu akan berakibat penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan, dan tiket dianggap hangus sesuai ketentuan yang berlaku.
"Selain meningkatkan keamanan, kesesuaian identitas ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pelanggan, seperti dalam proses klaim asuransi atau penanganan darurat," pungkas Joni
Baca Lainnya
Wujudkan Transportasi Hijau, KAI Resmi Gabung United Nations Global Compact
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 7 Jam
Diskon Tiket Nataru KAI Daop 8 Surabaya Laris Manis, Lebih dari 53 Ribu Tiket Ludes Terjual
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 14 Jam
Prioritaskan Keselamatan Nataru, KAI dan KNKT Tinjau Langsung Jalur Utara-Selatan Jawa
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 3 Hari
Penjualan Tiket KA Nataru Meningkat, Stasiun Surabaya Pasarturi Jadi Stasiun Keberangkatan Terfavorit
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Hari
KAI Tinjau Langsung Jalur Medan–Binjai, Pastikan Kesiapan Operasional Nataru 2025/2026
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 4 Hari
Angkut Hasil Bumi Lokal, KAI Hadirkan Kereta Petani dan Pedagang untuk Perkuat Ekonomi Banten
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
KAI Siap Sambut Angkutan Nataru 2025/2026: Utamakan Keselamatan, Keandalan, dan Pelayanan Prima
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 5 Hari
KAI Perkuat Layanan Lost and Found, Begini Prosedur Melaporkan Barang Tertinggal di Stasiun dan Kereta
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 6 Hari
Hadapi Masa Angkutan Nataru 2025/2026, KAI Daop 8 Surabaya Gelar Inspeksi Lintas Surabaya Pasar Turi - Indro
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 8 Hari
Persiapan Nataru 2025/2026, KAI Daop 8 Surabaya Gelar Tes Kebugaran Serentak untuk Ribuan Pekerja
- 0 Suka .
- 0 Komentar .
- 11 Hari
